Selasa, 12 April 2016

Lampu berkedip tv polytron

cek transistor driver horizontal,. Coba dinyalakan dengan beban lampu 100 w untuk dibebankan ke jalur B+ tegangan B+ dan vcc lain pada output trafo ac matic keluar normal. Berarti ada error di jalur horizontal nih! Penelusuran tegangan terfokus ke tegangan yang men-trigger basis TR horizontal harusnya keluar sekitar tegangan 1 V AC. Ternyata nggak muncul. Cek tahanan juga normal. Lha dalah!!! ternyata ini biang keroknya. Jalur 1 v ac tersebut putus. Padahal  pcb nya kelihatan normal. jumper dan coba test nyalakan.

Bismillahirrohmanirrokhim....  hasilnya tetep sama. Namun ketika diberi beban  tegangan B+ udah udah nggak drop lagi. Berarti jalur driver horizontal udah beres. Sekarang perburuan tegangan tertuju pada trafo flyback dan outputnya. Coba lepas jalur vertikal, video dan heater bergantian. Dan hasilnya nihil. Masih tetap sama.Berarti kemungkinan terbesar sumber masalah ada di trafo FBT. Karena nggak punya stock,  rombak pake BSC 25-T1010A.

Setelah d pasang Bunyi tegangan flyback udah aktif. Kok masih nggak ada gambar. Eh iya ternyata setting focus dan screen masih mini. Coba set dan muncullah gambar yang ditunggu-tunggu. Cek ulang B+ stabil 113 V, video 179 v dan heater 4,3 v.

Coba sekitar satu jam dinyalakan dan hasilnya tegangan tersebut masih stabil. Lalu tutup cashing dan baut semua ujungnya. Alhamdulillah....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar